Rabu, 12 Agustus 2015

salah sangka

Gara-gara nggak pernah perawatan lagi sejak hamidun dan melahirkan, gue sering banget disangka asisten RT atau babby sitter. Tapi gue ga pernah merasa jadi turun derajat atau terhina secara ART/baby sitter profesi mulia yang sangat membantu pekerja lain macam gue menyelesaikan sirkus kehidupan  rumah tangga ini, tsaaah..
Malah gue kadang terbantu dengan sangkaan orang lain dan praduga tidak bersalah lainnya seperti saat...

Pengalaman A
Tok tok tok, pintu rumah diketok. This is sunday noon, ga ada napsu buat mandi dari pagi, baru beres nyuci dan jemur pakaian di terik matahari musim kemarau yang super kejam. Keluar lah gue dari dalam rumah memakai daster kesayangan yang lusuh untuk melihat siapa gerangan yang bertamu siang-siang begini. Ada mbak-mbak 25 tahunan (M2T) tersenyum manis di depan pintu.

M2T: Siang teh.
G     : Siang juga, ada perlu apa ya?
M2T: *matanya melirik ke foto keluarga yang tergantung di tembok*
           Ibunya ada? Saya dari yayasan XYZ mau menawarkan bubuk anti nyamuk filariasis.
          (sebenernya kata-katanya jauh lebih panjang dari ini tapi gue lupa persisnya gimana)
G      : *melihat pergerakan matanya ke foto keluarga*
           Mau cari siapa? Ooh cari ibu?
M2T: Iya teh ibunya ada? saya mau menawarkan bubuk anti nyamuk.
G     : Waduh maaf, Ibunya lagi pergi. Saya ngga dibolehin beli apa-apa sebelum ibu pulang.
           Nanti saya bisa dimarahi sama Ibu.
M2T: kalau bapaknya ada?
G   : Bapak lagi pergi juga.
M2T: ooh ya udah deh kalau begitu, permisi.

M2T melangkah gontai mencari peruntungan di rumah yang lain.
Selamat lah gue dari kewajiban tidak perlu seperti mengeluarkan uang buat bubuk jentik nyamuk yang pasti ga bakal ditaburin sampe tahun 2028 datang. Hakkul yakin dia nggak memaksa gue beli bubuk ajaib itu karena tampilan gue sungguh nggak ada cocok-cocoknya buat ikut nampang di foto keluarga.

Moral of the story buat para sales door to door: Jangan terpaku sama satu foto keluarga yang dipajang di ruang tamu. Cari foto-foto lain yang menunjukkan event lain seperti pernikahan, khitanan atau kelahiran bayi. Iya sih yang dipajang di ruang tamu segede gambreng itu foto keluarga suami gue. Tahun 1995. Ga ada gue pastinya di foto itu. Atau, ga ada muka lusuh gue pake daster lusuh dan rambut diiket karet gelang di foto itu.

Pengalaman B
Its saturday! Baby T turns 4 month old. We need to buy another cute onesie for special occasion. Off we go to baby store.

Pak Presiden : Bun, ayah cari parkiran dulu yah. Turun aja duluan atau nanti tungguin di depan takut ga ketemu kalau janjian di dalam toko. (Pak presiden punya pengalaman buruk nggak bisa nemuin gue di belantara toko)
Gue  : Ok yah. Ditungu di depan aja deh.

Kemudian keluar sambil gendong baby T pake selendang batik. Duduk di tembok depan toko bayi. Lagi ngajak main baby T dan ada yang ikut duduk disebelah sambil gendong bayi juga

Mbak 1: Ikut duduk di sini ya teh.
Gue     : Silahkan.
Mbak 1: *senyum ke baby T dan dadah-dadah* Haloo... kenalan dong
Gue     : Halo juga, nama aku baby T. Nama kamu siapa?
              *sodorin tangan kecil baby T ke bayi yang digendong mbak 1*
Mbak 1: Nama aku Darrell (bukan nama sebernarnya)
              *salaman bayi pake tangan kita*
Gue     : Hallo Darrel cakep umurnya berapa bulan?
Mbak 1: Umur aku 4 bulan
Gue     : Wah sama dong seumuran sama baby T.

Terus kita ngobrol kesukaan bayi, udah bisa apa aja, dan sebagainya. Lalu Mbak 1 mengubah topik percakapan.

Mbak 1: Udah kerja berapa lama teh?
Gue     : *agak heran kenapa tiba-tiba nanya kerja* Mmm kira-kira udah 4 tahun kurang.
Mbak 1: Wah udah lama juga yah. Nggak ganti-ganti tuh 4 tahun?
              Nggak bosen? Gajinya bagus ya? Majikannya baik?
Gue     : *agak terbata-bata* Emm..ya bosen nggak bosen dijalani aja . Saya juga bersyukur bisa
               kerja. Jaman sekarang kan susah cari kerja.
Mbak 1: Wah kalau saya baru kerja di keluarga ini 4 bulan. Sebelumnya kerja di majikan yang lain,
               tapi nggak betah, Mudah-mudahan majikan yang sekarang baik terus sama saya biar betah.
              Gajinya juga lebih gede dari yang lama. Jadi bisa ditabung dan dikirim ke keluarga di
               kampung.
Gue      : Ooh Alhamdulillah atuh kalau gitu biar mengurus Darrell lebih semangat ya kan?
Mbak 1: Iya.

Gue lihat pak presidan melambai-lambaikan tangan ngajak masuk

Gue: Teh, saya udah dipanggil, duluan  yaa... Dadah Darrell!!! bye...
Mbak 1: Dadahhh...!!

Moral of the story: It's always nice to have some companion saat lama menunggu. Suer... nggak boong.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar